1. Jelaskan bagaimana langkah selanjutnya dalam sidang Mahkamah Internasional jika salah satu pihak tidak hadir dalam persidangan!
2. Jelaskan sebab-sebab sengketa kepemilikan pulau sipadan dan ligitan antara indonesia dengan malaysia!
3. Atas dasar apa MI memutuskan bahwa kedua pulau itu milik malaysia? Beri alasan!
4. Bagaimana sikap indonesia terhadap keputusan tersebut?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-25T22:39:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.salah satu pihak akan dimenangkan dalam sidang
2.karena pada masa koloni inggris dan belanda tidak ada kejelasan mengenai perbatasan sehingga pada masa pemerintahan malaysia dan indonesia saling mengakui pulau tersebut sebagai wilayahnya
3.karena 17 hakim memenangkan malaysia dalam sidang sedangkan indonesia hanya didukung 1 orang hakim
4.indonesia menerima karena ini sebuah keputusan mahkamah Internasional
2 5 2
2014-05-25T22:51:02+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Jelaskan bagaimana langkah selanjutnya dalam sidang Mahkamah Internasional jika salah satu pihak tidak hadir dalam persidangan!
#jika salah satu pihak dlm mahkamah internasional tidak hadir maka akan dilakukan penundaan sidang terlebih dahulu
2. Jelaskan sebab-sebab sengketa kepemilikan pulau sipadan dan ligitan antara indonesia dengan malaysia!
#malaysia mengklaim bahwa kepulauan sipadan dan ligitan merupakan miliknya dan berada dizona teritorial mereka padahal secara geografis kedua pulau itu merupakan kepulauan asli indonesia namun dimahkamah internasional dukungan saat persidangan indonesia mengalami kekalahan atas pengakuan dunia internasional dan kelemahan konstitusi negara di kancah mahkamah internasional
3. Atas dasar apa MI memutuskan bahwa kedua pulau itu milik malaysia? Beri alasan!
#alasan lepasnya kedua pulau adalah

Kemenangan Malaysia, kata menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda berdasarkan keputusan atau pertimbangan efektivitas (effectivitee),yaitu pemerintah Inggris (penajajah Malaysia) telah melakukan tindakan administratif secara nyata berupa penerbitan peraturan perlindungan satwa burung,pungutan pajak terhadap pengumpulan telur penyu sejak tahun 1930,dan operasi mercu suar sejak 1960-an . pemerintah Indonesia menyatakan rasa kecewa yang mendalam bahwa upaya yang dilakukan oleh empat pemerintah Indonesia seja tahun 1997. Namun, kita berkewajiban untuk menghormati Persetujuan khusus untuk bersama-sama mengajukan engketa kedua pulau ni ke Mahkamah Internasional (MI) pada tanggal 31 Mei 1997. Lepasnya Pulau Sipadan dan Lingitan ini sebenarnya peringatan penting bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan pulau-pulau kecil yang berserakan. Indonesia memiliki 17.506 pulau. Sebagian pulau sudah berpenghuni dan bernama. “tapi masih banyak yang kosong dan belum dinamai”. Yang paling dikhawatirkan tentu saja pulau-pulau yang berbatasan dengan negara lain. Masih banyak lagi masalah yang telah dihadapi Malaysia dan Indonesia. Mulai dari Reok Ponoroggo, Tari Bali, Angklung-Jawa Barat, dan lagu Rasa Sayange. Tidak lupa pula pulau-pulau yang telah diambil oleh bangsa Malaysia. Kita sebagai warga negara yang baik pasti akan marah apabila kebudayaan kita yang bagus telah dirampas oleh bangsa lain sperti Malaysia. Kita tidak ingin kebudayaan kita terus dirampas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kita harus partisipasi dalam mempertahankan wilayah maupun kebudayaan Indonesia agar tidak dirampas lagi  oleh orang-orang yang buruk. Pemerintah pun harus tegas dalam menangani masalah  yang serius ini pemerintah harus bertindak cepat untuk membawa masalah ini menjadi reda. Jangan takut dengan masalah yang apabila kita merasa benar.
4. Bagaimana sikap indonesia terhadap keputusan tersebut?
#kita berkewajiban untuk menghormati Persetujuan MI meski sudah menerima kekalahan keputusan mahkamah internasional


1 5 1