Jawabanmu

2013-12-08T21:32:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mudah-mudahan betul za!!!
Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Prosedur Kompleks tugas 1 Pada kegiatan ini, kalian akan mengerjakan tugas-tugas agar kalian lebih mendalami teks prosedur kompleks. Kalian sudah tahu bahwa langkah-langkah dalam prosedur kompleks lebih rumit daripada langkah-langkah dalam prosedur sederhana.
Dikatakan kompleks karena langkah-langkah yang ada hanya dapat dilaksanakan dengan memenuhi berbagai syarat. Langkah yang satu menentukan langkah-langkah berikutnya. Apabila syarat pada salah satu langkah tidak terpenuhi, langkah-langkah selanjutnya tidak dapat dilakukan.
Kalian diharapkan lebih banyak mengerjakan tugas untuk membuat teks prosedur kompleks. Tugas-tugas itu berkaitan dengan cara mengurus SIM dan cara pendaftaran siswa baru yang telah kalian lakukan ketika kalian masuk di sekolah ini.
Selain itu, kalian juga akan diajak untuk mengerjakan tugas-tugas lain. Sebagian besar tugas yang disebutkan di atas berkaitan dengan prosedur dengan langkah-langkah yang tidak dapat diubah urutannya dalam mengerjakan sesuatu. Ternyata, ada prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat. Prosedur yang demikian itu disebut protokol. Dalam hal ini, kalian akan diajak untuk menerapkan prosedur yang berkaitan dengan cara membaca puisi yang baik.
Tugas 1 Membaca Teks "Cara Mengurus SIM"
Bacalah teks berikut ini dengan teliti. Setelah itu, kerjakan tugas-tugas di bawahnya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
CARA MENGURUS SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM)
1 Pernahkah Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.
2 Syarat-Syarat Administrasi
Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan.
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya pembuatan SIM).
Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
(b) Terampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang dari 1 tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu juga.
(e) Harus tahu diri
Belum tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori. Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan motor masing-masing.