Sebuah Balok dengan panjang p , lebar l , tinggi t dan volume V . Jika panjang balok tersebut di perpanjang 20% , lebar di perpanjang 50% serta tinggi bertambah 20 % dari ukuran semula maka pertambahan Volume balok yang terbentuk adalah..
A.60%
B.80%
C.116%
D.180%
E.216%

Please help Me :D

2

Jawabanmu

2014-05-25T21:21:10+07:00
Sebagai contoh
lebar = 10
panjang = 20
tinggi = 10

jika diperpanjang maka
lebar = 15
panjang = 24
tinggi = 12

volume pertama = 2000
dan yang kedua = 4320

2000= 100%
4320 = (4320 . 100 )÷ 2000
4320 = 216 %
jadi jawabannya E
Jawaban paling cerdas!
  • dri
  • Terpelajar
2014-05-25T21:23:27+07:00
216%.
Ingat, kalimat diperpanjang 20% itu dari ukuran awal, yaitu dari 100% (awalnya). Sehingga sebenarnya sekarang ukurannya menjadi 120%. Jadi :

panjang = 120% x panjang awal
lebar = 150% x lebar awal
tinggi = 120% x tinggi awal

yang jika dijadikan ukuran desimal akan menjadi :
p2 = 1.2 x p1
l2 = 1.5 x l1
t2 = 1.2 x t1

Bandingkan volume awal dan volume setelah perubahan.

V1 : V2 = p1 x l1 x t1 : 1.2p1 x 1.5l1 x 1.2t1
V1 : V2 = 1 : 2.16

Jadikan ke dalam persen (%), kalikan 100 menjadi :
2.16 x 100% = 216%
1 5 1