Jawabanmu

2014-05-25T19:57:07+07:00
Rukun iman merupakan rukun yang saling terkait, artinya bahwa kita tidak bisa dikatakan beriman jika hanya mengamalkan sebagian rukun iman saja. Seseorang dikatakan beriman jika ia sudah melaksanakan semua rukun iman yang enam. Belum dikatakan beriman jika seseorang hanya beriman kepada Allah dan mengingkari adanya rasul-rasul-Nya. Karena ajaran yang dibawa oleh rasul rasul Allah tidak lain adalah wahyu Allah yang harus disampaikan kepada umatnya, apalagi Rasulullah saw. beliau menyampaikan kala Allah, yakni Al-qur'an. Barang siapa yang tidak mengimani Rasul berarti ia tidak mengimani kebenaran firman Allah. Padahal pedoman hidup yang sesungguhnya adalah Kitabullah dan Sunah Nabi, supaya manusia selamat dunia dan akhirat.
Seseorang muslim yang menyatakan beriman kepada rasul berarti mgnikuti semua ajaran yang dibawanya, yaitu ajaran agama Islam karena semua rasul yang diutus Allah swt. pembawa risalah agama islam. Setelah myakini bahwa apa-apa yang dibawa oleh para rasul merupakan wahyu Allah Swt. maka wajib mengikuti dan mengamalkannya.
Kita adalah umat Nabi Muhammad Saw. sebagi nabi dan rasul terakhir. Oleh karena itu kita wajib menaati beliau. Adapun cara-cara yang harus kita lakukan sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah saw. adalah sebagai berikut :
1. Membenarkan berita yang disampaikan Nabi Muammmad saw.
2. Meneladani akhlak terpuji Nabi Muhammad saw.
3. Menghidupkan sunah Rasulullah saw.
4. Mencintai dan membela Nabi Muhammad saw.
5. Mengetahui riwayat kehidupan Nabi Muhammad saw. beserta ajaran yang dibawanya.
2 5 2
2014-05-25T21:34:47+07:00
                             IMAN KEPADA PARA RASUL ALLAH SWT
     Iman kepada para rasul Allah swt. artinya yakin dan percaya terhadap para nabi yang telah diutus oleh Allah swt. dan membenarkan wahyu yang telah diturunkan oleh Allah swt. kepada mereka.
     Nabi adalah manusia pilihan Allah swt. yang diberi wahyu untuk dirinya sendiri. Adapun rasul adalah manusia pilihan Allah swt. yang diberi wahyu untuk dirinya dan disampaikan kepada manusia. Jadi, seorang rasul pasti seorang nabi, sedangkan seorang nabi belum tentu seorang rasul.
     Pengertian iman kepada rasul-rasul Allah swt. meliputi :
1. Meyakini dengan sepenuh hati kepada Allah swt. telah memilih sebagian hamba-Nya yang baik, yang diberi amanat untuk membimbing manusia menuju jalan hidup yang diridai-Nya.
2. Meyakini kebenaran ajarannya sebagai petunjuk hidup manusia yang beriman kepadanya.
3. Menaati segala perintah dan menjauhi larangannya dalam kehidupan sehari-hari serta berusaha meneladaninya.

mohon maaf kalau tidak tepat. semoga membantu
1 5 1