Jawabanmu

2014-05-25T21:25:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bismilahiromannirohim mudah-mudahan saya dapat membantu.
1) Peluang Kejadian Bersyarat (Tidak Saling Bebas)
    a. Jika P(B) adalah peluang kejadian B maka P(A I B) didefinisikan sebagai                      peluang kejadian dengan syarat B telah terjadi.
       (U adalah irisan dan H adalah pengganti gabungan/U kebalik, nanti ganti sendiri            ya. H adalah pengganti U terbalik yang biasanya dibaca irisan).
        Bila P(AHB) adalah peluang terjadinya A dan B, maka P(A I B) = P(AHB)/P(B)
    b. Jika P(A) adalah peluang kejadian A makaP(BIA) didefinisikan sebagai peluang           kejadian dengan syarat A telah terjadi.
        Bila P(AHB) adalah peluang terjadinya A dan B, maka P(B I A) = P(AHB)/P(A)
       hubungan antara P(A I B) dengan P(B I A) dapat dilihat pada teorema :
       P(B I A) = P(A I B) x P(B)
                               P(A)
2)  Peluang Dua Kejadian yang Saling Bebas
     a. Misalkan A dan B adalah dua kejadian pada ruang sampel S. A dan B disebut               kejadian saling bebas jika kemunculan kejadian yang satu tidak dipengaruhi oleh          kemunculan kejadian lainnya atau P(A I B) = P(A) sehingga P(AHB) = P(A) x              P(B)
     b. Jika A dan B adalah dua kejadian saling bebas maka komplemen A (ditulis A')              dan Komplemen B (ditulis B') juga merupakan dua kejadian yang saling bebas. 
         P(B I A) = P(A I B)
                             P(A)
     Conntoh untuk no 1
     Sebuah dadu dilempar sekali dan diketahui mata dadu yang muncul adalah genap.      Berapakah peluang akan muncul mata dadu yang lebih dari 3 ?
     Contoh untuk no 2
     Diberikan P(A) = 1/2 dan P(AUB) = 2/3. Jika A dan B saling bebas, berapakah              P(B) , P(A I B) , dan P(B I A)