Jawabanmu

2014-05-25T14:46:33+07:00
Korosi/karat adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan. Contoh korosi yang paling lazim adalah perkaratan besi.
Pada peristiwa korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi. Karat logam umumnya adalah berupa oksida atau karbonat. Rumus kimia karat besi adalah Fe2O3.nH2O, suatu zat padat yang berwarna coklat-merah..
Deret Volta dan hukum Nernst akan membantu untuk dapat mengetahui kemungkinan terjadinya korosi. Kecepatan korosi sangat tergantung pada banyak faktor, seperti ada atau tidaknya lapisan oksida, karena lapisan oksida dapat menghalangi beda potensial terhadap elektrode lainnya yang akan sangat berbeda bila masih bersih dari oksida.
.... Dampak dari peristiwa korosi bersifat sangat merugikan.  Contoh nyata adalah keroposnya jembatan, bodi mobil, ataupun berbagai konstruksi dari besi lainnya.
Pencegahan korosi :

- Mencegah kontak dengan oksigen dan/atau air
- Perlindungan katoda (pengorbanan anoda)
- Membuat alloy atau  paduan logam yang bersifat tahan karat,
2014-05-25T14:49:47+07:00
Arti korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa - senyawa yang tidak dikehendak.

istilah lain korosi adalah perkaratan.

korosi terjadi karena adanya reaksi antara logam dan zat - zat sekitarnya.

cara menanggulanginya antara lain
- mengecat
- melumuri dengan oli 
- dibalut dengan plastik
- mencegah kontak dengan oksigen atau air