Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-25T13:19:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
PROSES TERBENTUKNYA HARGA PASAR

- Harga pasar akan tercapai setelah melalui serangkaian proses tawar – menawar antara penjual dan pembeli.

- Apabila harga barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual dirasa terlalu tinggi oleh pembeli maka barang dan jasa tersebut tidak dapat terjual.

- Istilah Surplus dikenal dengan pengertian suatu keadaaan dimana terjadi kelebihan penawaran.

- Istilah Shortage dikenal dengan pengertian suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan

- Prinsip Ceteris Paribus berlaku dalam hal ini, yaitu Harga merupakan satu – satunya faktor yang menentukan permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual.

- Faktor – Faktor yang mempengaruhi harga pasar :

1. Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau

jasa terbatas.

2. Tinggi rendahnya biaya produksi.

3. Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.

4. Produsen mengetahui selera konsumen.

5. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen

Tetap atau berkurang

- Peranan Harga pasar dalam perekonomian :

1. Menunjukan perubahan kebutuhan masyarakat.

2. Membantu menentukan penawaran.

3. Menggerakkan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan

- Fungsi harga pasar adalah sebagai berikut :

1. Menentukan jenis barang yang akan diproduksi.

2. Menentukan pembagian hasil produksi diantara para konsumen.

3. Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam proses produksi.
33 4 33
2014-05-25T13:21:05+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Harga pasar terbentuk jika terjadi keseimbangan antara permintaan dan penawaran, contoh : pada harga rp. 8000,00, jumlah permintaan sebanyak 175 kg, sementara jumlah penawaran 75 kg. sehingga terjadi kelebihan 100 kg.
semoga membantu..
16 3 16