Jawabanmu

2014-05-25T11:17:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Titik  isoelektrik dapat  ditentukan  berdasar  kekeruhan  dan  endapan  karena  pada titik  dekat isoelektrik akan terjadi gaya tolak-menolak  elektrostatik  yang menyebabkan kelarutan minimum, sehingga terjadi kekeruhan.
Titik Isoelektrik (derajat keasaman atau pH ketika suatu makromolekul bermuatan nol ) terjadi akibat bertambahnya proton atau kehilangan muatan oleh reaksi asam-basa.
Pada koloid, jika pH sama dengan titik isoelektrik, maka sebagian atau semua muatan pada partikelnya akan hilang selama proses ionisasi terjadi. Jika pH berada pada kondisi di bawah titik isoelektrik, maka matan partikel koloid akan bermuatan positif.
Sebaliknya jika pH berada di atas titik isoelektrik maka muatan koloid akan berubah menjadi netral atau bahkan menjadi negatif.
2014-05-25T16:18:39+07:00
Penyebabnya karena ada gaya tolak menolak elektrostatik yang menyebabkan kelarutan