Balok es yang massanya 100 gram dan bersuhu -5°c dicampur dengan 100 gr air bersuhu 50°c. bila kalor jenis es 0,5 kal/g°c dan kalor jenis air 1 kal/°c, maka setelah terjadi keseimbangan termal, suhu campurannya adalah?

2
soalnya pengaruh
Komentar sudah dihapus
coba kamu cari hukum kekekalan energi untuk kalor (hukum boyle). itu adalah materi dari soal tersebut. kalo es yang melebur digunakan saat ada grafik kalor yang berkaitan tentang perubahan wujud dan kalor laten. rumusnya adalah Q = m.L . L tersebut adalah kalor lebur atau kàlor beku.
oke.
@dekrina: dipilihannya ada jawaban 0 gak

Jawabanmu

2014-05-25T10:37:22+07:00
Dik = M es = 100 gr
To es = -5
M air = 100 gr
Tt air = 50 °c
c air = 1 kal/°c
c es = 0,5 kal/°c
dit: T kes
jawab :
Qlepas = Qterima
m.c. deltaT= m.c. delta T
100. 1. (50-x) = 100. 0,5 . (x-(-5))
100(50-x) = 50(x+5)
5000-100x= 50x +250
-100x-50x = 250-5000
-250x = -4750
x = -4750: -250
x= 19
2 2 2
Jawaban paling cerdas!
2014-05-25T11:18:44+07:00
Dik:
m es : 100 gr
t es : -5 c
m air : 100 gram
t air : 50 c
c es : 0.5 kal/ g c
c air : 1 kal / g c
l es : 80 kal/g

Q1=m c delta t
=100x0,5 x3
=250 kal
Q2= m xl
=100 x 80
=8000 kal
Q3= mairx c air x delta t
= 100x 1x50
=5000 kal

Q terima = Q lepas
Q1+Q2=Q3
250+8000= 5000
8250=5000

nah karena kalor yabg diterima beda sm yabg dilepas berarti es ga melebur semuanya. ini menunjukan bahwa suhu air 0 derajat celcius
makasih kk sayang,
iya sama2 :) emg ada jawabannya?
ada kak, hehe. kakak bagi pin nya dong, siapa tau kita bisa jdi shbat ;)
hehe akhirnya
7477d4b9