1.ceritakan urutan peristiwa 10 november 1945 di surabaya!
2.sebutkan tujuan didirikannya organisasi budi utomo

2
2. -meningkatkan derajat dan martabat bangsa indonesia dengan jalan memajukan pendidikan dan pengajaran
2. -meningkatkan ekonomi rakyat dan memper erat kehidupan sosial

Jawabanmu

2014-05-25T08:56:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.Pertempuran 10 November diawali euphoria deklarasi kemerdekaan 17 Agustus di Jakarta. Di Surabaya terbentuk sejumlah milisi pemuda
2.Milisi pemuda usia belasan tahun bergabung dengan milisi yg sdh lebih dulu dibentuk ganggu kantong2 militer Jepang
3. Tentara Jepang dalam kondisi tertekan pasca kekalahan dgn sekutu + ditekan milisi pemuda Surabaya.
4. Sempat trjd kontak tembak di sjmlh titik pemuda vs Jepang, diantaranya di barak Kusuma Bangsa

6 4 6
5.Dlm kontak tembak di barak ksm bangsa, Jepang menyerah. Ratusan tentara Jepang disel di Penjara Koblen yg berisi interniran belanda
6. Para interniran Belanda yg ditahan di Koblen dipindah ke kantor Palang Merah Int’l di Jl. Tunjungan (skrg kantor BPN). Disana mrk didata
7.Jepang sngt kontrol tahanan warga Belanda dan Indo Belanda di Sby. Di Jl. Diponegoro, dibuat penjara dgn sesek
8. Belanda jg gunakan Kempetai utk mata-matai perlawanan pemuda.
10. Diantaranya pencegatan17 truk bw wrg sipil belanda di per3an sonokembang-pangsud. Hanya 3 truk yg lolos ke Perak.283 tewas termasuk anak
11. Tiga truk yg lolos lgsng ke perak bawa warga Belanda ke negaranya via kapal laut.
12.Ketegangan memuncak 19 sept 45 yg dikenal dgn insiden bendera di atap Hotel Yamato (skrg Hotel Majapahit)
13. Berawal dr kedatangan 3 perwira Intel belanda yg terjun di gngsari, menginap di Hotel Yama
bro, kepanjangan
ambil yg penting2 aja
Jawaban paling cerdas!
2014-05-25T09:42:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.sekutu datang ke indonesia, mulanya diterima namun karena mereka ingin membebaskan kolonel huiyer, akhirnya rakyat mulai tidak mengulurkan tangan mereka lagi,tgl 28 oktober 1945, pos pos sekutu diserang oleh arek arek surabaya pada tanggal 19 oktober 1945 pos pos sekutu berhasil dikuasai, komandan sekutupun menghubungi sukarno untuk menyelamatkan inggris dari bahaya kehancuran. akhirnya dibuat kesepakatan agar menghentikan tembak menembak namun sore harinya terjadi pertempuran lagi, pertempuran itu menyebabkan terbunuhnya brigjen aws mallaby, sekutu marah dan membuat ultimatum, tapi rakyat tidak mengindahkan ultimatum akhirnya surabaya diserang,saat perang itu gugur beribu ribu rakyat, akhirnya pemerintah menetapkan tgl 10 november sebagai hari pahlawan. 2.tujuannya mempertinggi    derajat bangsa indonesia dan mempertinggi keluhuran budi orang jawa
13 4 13