Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung yang memiliki jarak titik api 16cm. Di manakah benda harus di letakkan di depan cermin agar terbentuk bayangan :
a. Empat kali besar benda dan nyata
b. Empat kali besar benda dan maya

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-25T08:50:10+07:00
F = 16 cm
a). s' = 4s
1/f = 1/s + 1/s'
1/16 = 1/s + 1/4s
s = 20cm

b). s' = -4s (maya)
1/f = 1/s + 1/s'
1/16 = 1/s + 1/-4s
s' = 12 cm
1 5 1
2014-05-25T12:10:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui:
f = 15 cm

M = 3 Kali

Agar bayangan nyata, diperbesar. Maka,
1. s' = +
2. f<s<R (Harus diletakkan pada ruang II)

M = |-s'/s|
3 = s'/s
s' = 3s

s = (s'f) / (s'-f)
s = (3s(15)) / (3s - 15)
s(3s - 15) = 3s(15)
3s² - 15s = 45s
3s² - 60s = 0
s² - 20s = 0
s(s-20) = 0 
s = 20 cm