Jawabanmu

2014-05-25T08:39:52+07:00
Gagal melalui cara bilateral, Indonesia juga menempuh jalur diplomasi secara regional dengan mencari dukungan dari negara-negara Asia Afrika. Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Indonesia tahun 1955 dan dihadiri oleh 29 negara-negara di kawasan Asia Afrika, secara bulat mendukung upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh kembali Irian sebagai wilayah yang sah dari RI.  "Namun suara bangsa-bangsa Asia Afrika di dalam forum PBB tetap tidak dapat menarik dukungan internasional dalam sidang Majelis Umum PBB."
2014-05-25T08:42:28+07:00
1.      Perjuangan Merebut Irian Barat melalui Diplomasi Sekalipun pada tanggal 17 Agustus 1950 terjadi perubahan ketatanegaraan di  Indonesia dari RIS menjadi NKRI, tetapi masalah Irian Barat belum terselesaikan. Dan berikut ini disampaikan beberapa pemaparan tentang proses diplomasi yang ditempuh oleh pemerintah  Indonesia . a.    Tanggal 4 Desember 1950 diadakan konferensi Uni  Indonesia  Belanda. Dalam konferensi itu  Indonesia  mengusulkan agar Belanda menyerahkan irian barat secara de  jure.     Namun            ditolak oleh     Belanda.
b. Pada bulan Desember 1951 diadakan perundingan bilateral antara  Indonesia  dan Belanda. Perundingan ini membahas pembatalan uni dan masuknya Irian Barat ke
wilayah          negara kesatuan          republik     Indonesia ,   namun      gagal.
c. Pada bulan September 1952,  Indonesia  mengirim nota politik tentang perundingan  Indonesia  Belanda mengenai Irian Barat, namun gagal.
d. Perjuangan Diplomasi Tingkat Internasional
,