Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-24T22:20:31+07:00
Tradisi meminta hujan tidak hanya sekedar urusan dukun atau pendeta pendeta aliran kepercayaan masa silam. Di jaman modern ini pun, warisan leluhur itu tidak hilang begitu saja. Selain oleh teknologi rekayasa cuaca yang tidak murah, meminta hujan dengan cara tradisional masih melekat dan sering dipraktekkan oleh masyarakat kebudayaan tertentu di Indonesia. Tetapi, ada hal hal yang harus dipenuhi sebelum sebuah masyarakat melakukan ritual meminta hujan selain musim kemarau yang berkepanjangan pastinya.

Masyarakat dari bangsa Batak mengenal Tortor bukan sekedar tarian pesta pesta resepsi, hiburan atau produk seni semata. Tortor sebagaimana kebanyakan tarian di Nusantara memiliki makna dan tujuan beraneka macam termasuk meminta hujan. Gerakan Tortor yang kelihatan sederhana, tidak rumit dan mudah diikuti itu sebenarnya memiliki banyak makna filosofis dan tujuan secara keseluruhan. Itulah sebabnya bangsa Batak boleh berbangga dengan klaim bahwa Tortor adalah ibu semua tarian sejagat raya.
2014-05-24T22:24:25+07:00
radisi meminta hujan tidak hanya sekedar urusan dukun atau pendeta pendeta aliran kepercayaan masa silam. Di jaman modern ini pun, warisan leluhur itu tidak hilang begitu saja. Selain oleh teknologi rekayasa cuaca yang tidak murah, meminta hujan dengan cara tradisional masih melekat dan sering dipraktekkan oleh masyarakat kebudayaan tertentu di Indonesia. Tetapi, ada hal hal yang harus dipenuhi sebelum sebuah masyarakat melakukan ritual meminta hujan selain musim kemarau yang berkepanjangan pastinya.