Sebuah balok berukuran panjang (2x+6) cm , lebar (2x-2) cm , dan tinggi (3x+4)cm . Sedangkan jumlah panjang rusuk -rusuk nya 228 cm . Hitunglah :
a. nilai x ,
b. luas balok,
c. volume balok !

2
yang B luas permukaannya ta
aku tau jawabannya

Jawabanmu

2014-05-24T14:23:39+07:00
Jummlah panjang rusuk pada balok ada 4 maka 228/4=57 panjang balok jadi 2x+6= 57
2x= 51 mka x= 25.5

sehingga p=(2(25.5)+6=57, l=2(25.5)-2=49  , t= 3(25.5)+4=80.5
luas balok= 2(57*49+57*80.5+49*80.5)=2(2793+4588.5+3944.5)=2(11326)=22652
volume balok= 57*49*80.5=224836.5
Jawaban paling cerdas!
2014-05-24T14:29:19+07:00
A. 4 ((2x+6) + (2x-2) + (3x+4)) = 228
    4 (7x + 8) = 228
   28x + 32 = 228
   28x = 228 - 32
   28x = 196
   x = 196
         28
   x = 7
   jadi nilai x nya adalah 7

b. p = 2x + 6 = 2.7 + 6 = 14 + 6 = 20 cm
    l = 2x - 2 = 2.7 - 2 = 14 - 2 = 12 cm
    t = 3x + 4 = 3.7 + 4 = 21 + 4 = 25 cm
  
     L = 2(pxl) + 2(lxt) + 2(pxt)
       = 2 (20x12) + 2 (12x25) + 2 (20x25)
       = 2 (240) + 2 (300) + 2 (500)
       = 480 + 600 + 1000
       = 2080 cm²
  jadi luasnya adalah 2080 cm²
c. V = p x l t
       = 20 x 12 x 25
       = 6000 cm³
 jadi volumenya adalah 6000 cm³

mudah-mudahan membantu
IY. tpi knp kamu mendapatkan nilai x nya dengan menggabungkan plt nya sementara yang diket jumlah panjang rusuk ny
iya, jumlah panjang rusuknya itu artinya p,l,t dikalikan dengan 4 = panjang rusuk (228)
iya, itu yang saya ketahui selama saya belajar. maaf mungkin jika berbeda dengan pendapat ajeng. :)
iya, itu yang saya ketahui selama saya belajar. maaf mungkin jika berbeda dengan pendapat kaka ajeng. :)
ha.... gak mungkin berbeda la kakak fuji, karena matematika ni ilmu pasti. dan seperti nya saya yg salah presepsi....:) karena udah 3 tahun melupakan bangun ruang ni...........