1. sebuah benda terletak pada jarak 60 cm di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 40 cm. jarak bayangan benda tersebut adalah ???

2. sebuh benda ditempatkan 5 cm dari lensa cembung yang jarak fokusnya 10 cm. bila tinggi benda 4 cm., berapakah tnggi bayangan ???

buat cara penyelesaiannya ! makasih :)

2
1.
s = 60 cm
f = 40 cm

1/f = 1/s + 1/s'
1/40 = 1/60 + 1/s'
1/s' = 1/40 - 1/60
1/120 = 1/s'
s' = 120 cm

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-24T11:18:37+07:00
NO 1 :1/s' = 1/f -1/s
                 = 1/40-1/60
                 = 3-2/120 
                 = 120 cm
NO 2 : 1/f = 1/s + 1/s' 
           1/s'=1/f - 1/s 
                = 1/10 - 1/s
                = 1-2 /10 
                = -1 /10   S = -10 
                =  |s'/s| =h'/h
                = |-10/5| = h'/4
                = 10/5 = h'/4
                = h' 4x10/5 
                = 8 cm
                    
2 4 2
2014-05-24T11:27:29+07:00
1.  1/s + 1/s' = 1/f         ( cekung )
     1/60 + 1/s' = 1/40
     1/s' = 1/40 - 1/60
     1/s' = 1/120
      s' = 120 cm

2. 1/s + 1/-s' = 1/-f        ( cembung )
     1/5 +1/-s' = 1/-10
     1/s' = 1/-10 - 1/5
     1/s' = 3/-10
      s' = -10/3

     h'/h = -s'/s
     h'/4 = (10/3)/5
     h' = 40/15 = 8/3 cm
2 4 2