Jawabanmu

2014-01-28T12:51:46+07:00
Makro dan Mikro Nutrien pada Tumbuhan
Unsur hara dibutuhkan untuk tumbuh kembang tanaman.Berdasarkan tingkat kebutuhannya maka di golongkan menjadi 2 yaitu: makro nutrien dan mikro nutrien.
Makro nutrien adalah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar, yaitu unsur N, P, K, Ca, S dan Mg.
Mikro nutrien adalah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah kecil/sedikit, yaitu: Fe, Cu, Zn, Mn, Mo, B, Na, Cl.
Kebutuhan unsur hara ini mutlak bagi setiap tanaman dan tidak bisa digantikan oleh unsur yang lain, tentunya dengan kadar yang berbeda sesuai jenis tanamannya sebab jika kekurangan unsur hara akan menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri.Berikut ini adalah tanda-tanda tanaman mengalami kelebihan dan kekurangan unsur hara.
1. Nitrogen (N)
Nitrogen adalah unsur hara makro utama yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. Nitrogen di dalam tanaman merupakan unsur yang sangat penting untuk pembentukan protein, daun-daunan dan berbagai persenyawaan organik lainnya.Nitrogen ditinjau dari berbagai sudut, mempunyai pengaruh positif sebagai berikut:a. Besar pengaruhnya dalam menaikkan potensi pembentukan daun-daun dan ranting. b. Mempunyai pengaruh positif terhadap kadar protein pada rumput dan tanaman makanan ternak dan lainnya.c. Pada berbagai tanaman gandum menaikkan kadar protein pada butir gandum.Gejala kekurangan unsur N :- warna daun yang hijau agak kekuningan selanjutnya berubah menjadi kuning- daun menjadi kering dan berwarna merah kecoklatan- pada tanaman dewasa pertumbuhan yang terhambat ini akan berpengaruh terhadap pembuahan sehingga buahnya tidak sempurna, umumnya kecil dan cepat matang.Gejala kelebihan unsur N :- tanaman akan tampak terlalu subur, ukuran daun akan menjadi lebih besar- batang menjadi lunak dan berair (sekulensi) sehingga mudah rebah dan mudah diserang penyakit- penundaan pembentukan bunga, bahkan mudah lebih mudah rontok dan pemasakan buah cenderung terlambat. dll