Jawabanmu

2014-05-23T20:26:03+07:00
Mengikuti arah bulan 
(klo tidk salah)
upacara ini di sebut juga mitoni dari kata pitu yg arti nya tujuh , upacara ini di laksanakan pada usia 7 bulan dan kehamilan pertama kali
2014-05-23T20:31:02+07:00
Tergantung menurut kepercayaan masing masing, tetapi  umat islam di indonesia yang sering melakukanritual ritual yang tidak ada perintahnya dari nabiMuhammad shalallahu ‘alaihi wa salam. Acara itu adalah neloni (selamatan ketika kehamilan berusia tiga bulan), mitoni(saat berusia tujuh bulan), dan juga tingkeban. 
Sebagian melakukannya ketiga-tiganya, ada pula yang melakukan acara mitoni dan tingkeban, ada pula yang melakukan tingkeban saja karena mitoni dianggap sama dengan tingkeban. Sebagian orang Jawa, (dan juga selainnya termasuk Sunda, Minang, Dayak dan lainnya) mempercayai bahwa mitoni atau selamatan tujuh bulanan, dilakukan setelah kehamilan seorang ibu genap usia 7 bulan atau lebih.Mitoni dan tingkeban dilaksanakan saat kehamilan berusia tidak boleh kurang dari 7 bulan. Karena tidak ada neptu atau weton (hari masehi + hari Jawa) yang dijadikan patokan, maka hari selasa atau sabtu yang digunakan. Tujuan mitoni atau tingkeban agar supaya ibu dan janin selalu dijaga dalam kesejahteraan dan keselamatan (wilujeng, santosa, jatmika, rahayu).