pengaruh peningkatan populasi terhadap kerusakan lingkungan sangat besar karena semakin banyak populasi semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia sehingga manusia semakin bergantung pada alam dan mengeksploitasi alam secara berlebihan misalnya menebang pohon sembarangan menjadikan lingkungan menjadi rusak.

Jawabanmu

2014-05-23T19:58:55+07:00
Peningktn populsi akn menyebabkan keruskan lingkungan krena semakin banyak populasi maka kebtuhn trhadap  dan sumber dya alam hayti dan non hayati akan smakin meningkat pula,
2014-05-23T20:30:24+07:00
1. Definisikan dulu apa makna kerusakan lingkungan. Jika maknanya adalah rusaknya atmosfer, ekologi hewan, dan lingkungan tempat hidup manusia akibat berbagai macam polusi, maka jawabannya akan mudah. 

Peningkatakan populas akan meningkatkan kebutuhan terhadap sumber daya alam. Setiap kita mengambil suatu sumber daya tanpa cara yang lestari, maka kerusakan lingkungan akan terjadi, dan semakin banyak manusia, pengambilan sumber daya tersebut akan menjadi lebih cepat, mengakibatkan kerusakan lebih cepat pula. 

Lalu, masalah lainnya adalah terkait sampah sisa aktivitas manusia, baik sampah biologis maupun sampah anorganik, yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Saat ini sudah terlihat dengan jelas penumpukan sampah akibat tingginya kebutuhan terhadap suatu produk namun sampahnya tidak diatngani dengan baik. 

Intinya adalah kebutuhan akan sumber daya pasti akan mengambil sumber daya dari bumi, yang berarti eksploitasi terhadpa kelestarian bumi. Lingkungan juga merupakan sumber daya yang dihasilkan bumi, namun kita yang membutuhkannya malah memanfaatkannya dengan cara merusaknya


2. peningkatan populasi akan menyebabkan kerusakan lingkungan karena semakin banyak populasi maka kebutuhan terhadap dan sumber daya alam hayati dan non hayati akan semakin meningkat pula. contoh: meningkatnya populasi eceng gondok di sungai dapat menyebabkan kematian hewan air karena CO2 dalam air meningkat, sungai menjadi dangkal akibat penimbunan eceng yang mati. meningkatnya populasi manusia menyebabkan berkurangnya lahan hutan untuk area pemukiman, pertanian, perkebunan, dll. belum lagi pola hidup yang tidak ramah lingkungan menyebabkan sungai tercemar, polusi udara juga meningkat. peningkatan populasi manusia adalah penyebab kerusakan lingkungan yang paling parah.