1. Mengapa hubungan manusia dan lingkungan mengalami perubahan?
2. Bagaimanakah keterkaitan antara lingkungan biotik dan lingkungan sosial?
3. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan biofisik akibat
aktivitas manusia?
4. Aktivitas apa saja yang dapat menimbulkan kerusakan biofisik seperti kerusakan hutan,
pencemaran air dan lingkungan?
5. Perkembangan ekonomi yang dicapai Indonesia cukup maju. Namun, mengapa kemiskinan
tetap terjadi?

2

Jawabanmu

2014-05-23T14:27:38+07:00
4.buang sampah tidk pada tempatnya, pembuangan limbah sembarangan ,
5.kalau angka penduduk indonesia msih bnyk ya bisa dibilang negara indo tdk bisa menjadi negara maju
1
2014-05-23T14:39:02+07:00
1. Karena ulah manusia sendirilah yang tidak mencintai alam sehingga dampaknya kita rasakan juga seperti ada pepatah mengatakan "lingkungan tidak lagi bersahabat dengan kita". Itu terjadi karena tindakan manusia dan makhluk hidup lain yang semena-mena memanfaatkan alam secara liar tanpa menanggulanginya lagi. Seperti tidak reboisasi ketika penebang hutan secara besar-besaran.
2. lingkungan biotik yaitu lngkungan hidup sperti manusia, hewan dan tumbuhan, sementara lingkungan sosial adalah tempat terjadinya suatu aktivitas makhluk hidup yangsaling timbal balik, jadi hubungan ini sangat erat karena manusia merupakan makhluk biotik sekaligus makhluk sosial sehingga hal tersebut tidak dapt dipisahkan (maksudnya : manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa berkomunikasi atau tanpa memerlukan bantuan dari orang lain) begitu pula dengan tumbuhan dan hewan mereka juga berinteraksi dengan kita didalam lingkungan sosial.
3. Penghijauan, reboisasi, penerapan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle), tebang pilih, tidak mengeruk tanah secara berlebihan, menanam hutan bakau, tidak merokok, tidak menggunakan perfum berlebihan yang dapat merusak ozon.
4.Membuang sampah sembarangan, membuang limbah pabrik dan domestik ke sungai/laut, penebangan secara liar, pemakaian rumah kaca, penggunaan AC secara berlebihan, penggerukkan tanah, penggunan boom atau pukat harimau untuk menangkap ikan.
5.Karena masih adanya koruptor, tidak meratanya pembagian SDM atau hasil penjualan SDM, sikap tidak adil masih sangat tinggi, kurangnya kepekaan masyarakat kita untuk bersedekah, karena bencana alam yang melanda secara besar-besaran sehingga pemerintah pun sulit utk membantu secara ekonomi, kurangnya pendidikan di Indonesia sehingga lebih mudah utk dibohongi, kurangnya pejabat negara yg mau turun tangan dalam pembagian harta negara.