Jelaskan mengapa dengan ramainya perdagangan dan pelayaran antara asia dan eropa,telah mempercepat perkembangan dan kemajuan,serta kemakmuran bangsa2 terutama yang tinggal dan aktif serta terlibat dalam dunia perdagaan dan pelayaran.

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-23T09:10:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
  Karena pedagang pedagang Eropa berdagang dan membeli apa yang tidak ada di negaranya. Contohnya pada jaman dulu Eropa miskin akan rempah-rempah, padahal negara Eropa itu dingin. Terutama jahe, kopi, teh, dan lainnya mulai dianggap berharga di Eropa. Nah, orang-orang Eropa ini akhirnya pergi ke Indonesia untuk berdagang. Dan awalnya dibeli dengan harga sangatlah mahal. Hingga akhirnya terjadi suatu perebutan antar pedagang Eropa.
  Contohnya Semarang. Semarang dulu kaya akan tanaman asam yang arang (Bahasa Jawa: Asem Arang) hingga dinamai Semarang. Semarang kemudian dijajah oleh Belanda dan Jepang. Nah, pada setiap masa penjajahan salah satu negara Eropa di Indonesia pasti tidak akan bertahan lama, karena negara Eropa yang lain juga akan berusaha menjadikan wilayah-wilayah di Indonesia sebagai wilayah kekuasaannya untuk mendapatkan rempah2 gratis.
  Akhirnya untuk mempercepat dan membantu tentara warga2 kota Semarang pada waktu itu dipekerjakan tanpa diberi bayaran, makanan, ataupun minuman. Nah, karena kerja paksa inilah, kereta api pertama di Indonesia dibuat di Semarang. Juga beberapa gedung-gedung. Nah, hal inilah yang membuat Semarang menjadi maju teknologinya dibanding wilayah Indonesia yang lain.