Jawabanmu

2014-05-22T21:38:48+07:00
Ancaman, tantangan dan gangguan bagi integrasi nasional akan berimbas kepada kesetabilan keamanan dan ketahan nasional jika pemerintah tidak cepat tanggap akan gangguan yang muncul entah dari luar negeri atau dalam negeri. Ancaman – ancaman ini akan berimbas pada berbagai sector yang akan menunjang berkembangnya Indonesiadan sekarang sudah tidak lagi bertumpu pada TNI untuk menjaga keutuhan integrasi nasional tetapi di butuhkan kerjasama dari berbagai sector.
contoh gangguan yang saya tanyakan kak? tidak digabungkan
ini bukan bang ?
Faktor - faktor penghambat integrasi nasional:
1. Masyarakat indonesia yang heterogen (beraneka ragam) dalam faktor2 kesukubangsaan dengan masing2 kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yg dianut, ras.
2. Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yg dikelilingi oleh lautan luas.
3. Besar kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yg mendorong keutuhan kesatuan dan persatuan bangsa.
4. Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil2 pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas dan keputusasaan SARA (Suku, Agama, Ras dan, Antar-golongan), demonstrasi dan unjuk rasa.
5. Adanya paham etnosentrisme di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan2 budaya dan menganggap rendah budaya lain.
6. Lemahnya nila2 budaya bangsa akibat kuatnya pengaruh budaya asing yg tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, baik melewati kontak langsung maupun tidak