Jawabanmu

2014-01-27T20:39:18+07:00
Reduksi adalah zat yang mengalami penurunan biloks (bilangan oksidasi). sedangkan yang bertindak reduksi namanya OKSIDATOR
Oksidator zat yang mengalami kenaikan biloks (bilangan oksidasi). sedangkan yang bertindak oksidasi namanya REDUKTOR

4 3 4
Jawaban paling cerdas!
2014-01-27T20:53:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Konsep Oksigen
reaksi oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen
contoh :
S + O2 ---> SO2 
reaksi reduksi adalah pelepasan oksigen
contoh :
H2O  ---> H2 + 1/2 O2
tips : biasanya reaksi oksidasi dengan konsep oksigen letak O2 ada di kiri tanda panah sedangkan reaksi reduksi kebalikannya :)

2. Konsep elektron
Reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron
contoh :
Na  ----> Na+  +  e
reaksi reduksi adalah reaksi pengikatan elektron
contoh :
Cl2 + e ---> 2Cl-
tips : reaksi oksidasi elektron berada di kanan tanda pnah untuk reaksi reduksi sebaliknya.

3.Konsep bilangan oksidasi
reaksi oksidasi adalah reaksi dimana suatu atom/unsur mengalami kenaikan bilangan oksidasi
reaksi reduksi adalah reaksi dimana suatu atom/unsur mengalami penurunan bilangan oksidasi

semoga bermanfaat :)
jika ada kesalahan mohon koreksi :)
 
5 4 5