Diketahui suatu persegi dengan sisi ( x + 3 ) cm dan persegi panjang dengan ( 2x - 3 ) cm serta lebar ( x - 1 ) cm . jika keliling persegi panjang = keliling persegi , panjang sisi persegi tersebut adalah

2
Makasiiih
punya soal yang sama ya?
btw sama2

Jawabanmu

2014-05-22T20:53:42+07:00
S= x+3
p=2x-3
l= x-1

k persegi = k persegi panjang
4.s=2(p+l)

4 (x+3)= 2 (2x-3+x-1)
4x+12= 2 (3x-4)
4x+12= 6x-8
4x-6x=-8-12
-2x=-20
x=10

sisi persegi x+3
10+3 = 13
jadi sisi persegi 13
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-05-22T21:08:50+07:00
"Persegi"
Diketahui: s = (x + 3) cm
Rumus Keliling Persegi:
K = 4s
   = 4 (x + 3)
   = 4x + 12 cm

"Persegi Panjang"
Diketahui: p = (2x - 3) cm, l = (x - 1) cm
Rumus Keliling Persegi Panjang:
K = 2 (p + l)
   = 2 ((2x - 3) + (x - 1))
   = 2 (2x - 3 + x - 1)
   = 2 (3x - 4)
   = 6x - 8 cm

Jika, keliling persegi panjang = keliling persegi, maka:
6x - 8 = 4x + 12
6x - 4x = 12 + 8  -> (kelompokkan yang sejenis)
      2x = 20
        x = 20/2
        x = 10 cm
Jadi, panjang sisi tersebut = 10 cm.
7 4 7
Tambahan: sisi panjang sisi persegi:
s = x + 3 -> 10 + 3 = 13 cm