Jawabanmu

2014-05-22T19:39:46+07:00
Keterangan tentang Hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan
 antara lain :
 1.alat-alat yang digunakan adalat alat-alat kasar yang belum dihaluskan seperti batu 
    kasar,tulang dan tanduk rusa
 2.teknologinya masih sangat sederhana dan hanya mengutamakan segi praktis sesuai
    dengan tujuan penggunaanya saja
 3.pada umunya kegunaan hasil budaya pada masa itu untuk berburu,menagkap ikan,
    mengumpulkan ubi dan buah-buahan
 4.contoh dari hasil budaya pada masa itu antara lain kapak genggam / kapak perimbas,
    kapak penetak , pahat genggam , alat serpih dan alat-alat dari tulang
1 5 1
2014-05-22T19:56:28+07:00
Hasil dan Sebaran Kebudayaan Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan
1. Kapak genggam/Kapak perimbas adalah sejenik kapak yang digenggam dan berbentuk masif.Kapak ini tidak memiliki tangkai dan digunakan dengan cara mengenggam.Alat ini berupa batu yang dibentuk menjadi kapak.Teknik pembuatannya masih kasar,dan tidak mengalami perubahan dalam waktu yang panjang,bagian tajam kapak sejenis ini hanya pada satu sisi.Tempat ditemukannya antara lain di Lahat (Sumatera Selatan),Kamuda (Lampung),Punung (Pacitan,Jawa Timur),Jampang Kulon (Sukabumi,Jawa Barat),Parigi,Tambang Sawah (Bengkulu).
2. Kapak Penetak dibuat dari fosil kayu.Kapak penetak memiliki bentuk yang hampir sama dengan kapak perimbas,bagian tajamnya berliku-liku.Kapak penetak ini bentuknya lebih besar daripada kapak perimbas dan cara pembuatannya masih kasar.Kapak ini berfungsi untuk membelah kayu,pohon,bambu,atau disesuaikan dengan kebutuhannya.
3. Pahat Genggam dibuat dari kalsedon dan fosil kayu,berukuran sedang dan kecil.Pahat genggam memiliki bentuk yang lebih kecil daripada kapak genggam.Para ahli menafsirkan bahwa pahat genggam mempunyai fungsi untuk menggemburkan tanah.Alat ini digunakan untuk mencari umbi-umbian yang dapat dimakan.
4. Alat Serpih merupakan batu pecahan sisa pembuatan kapak genggam yang dibentuk menjadi tajam.Alat tersebut berfungsi sebagai serut,gurdi,penusuk,dan pisau.Tempat ditemukannya alat serpih ini antara lain di Punung (Pacitan,Jawa Timur),Sangiran,Ngandong (lembah Sungai Bengawan Solo),Gombong (Jawa Tengah),Lahat,Cabbenge,dan Mengeruda (Bagian Barat Flores).
5. Alat-alat dari Tulang dibuat dari tulang-tulang binatang buruan,seperti tanduk menjangan,duri ikan pari,ada kemungkinan digunakan sebagai mata tombak.Alat-alat ini ditemukan di Gua Lawang (Gunung Kendeng).Di gua-gua daerah Tuban (Gua Gedeh dan Gua Kandang) ditemukan alat-alat dari kulit kerang berbentuk sabit (lengkung).

#Semoga bermanfaat ya !! Dan semoga menambah wawasan anda !! Saya mencantumkan ceritanya juga biar tahu ..
1 2 1