Jawabanmu

2014-05-22T19:36:17+07:00
Biasanya dalam upacara bendera kita harus mengheningkan cipta, mengheningkan cipta adalah berterimakasih karena telah diberi kebebasan khususnya di bidang pendidikan.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-22T19:36:46+07:00
Upacara tersebut juga mempunyai tujuan yaitu untuk mengirim doa kepada leluhurnya karena dianggap sebagai orang pertama yang menurunkan kepandaian membuat garam kepada masyarakat Sumenep. Setiap bulan Maulud, sebelum hasil garam dipanen, secara rutin diadakan upacara nadar untuk mengenang, menghargai, dan menghormati arwah leluhur. Tidak hanya itu, upacara ini juga digunakan untuk penyebaran agama Islam. Hal ini terbukti dengan adanya pembacaan naskah-naskah yang dibacakan para leluhur karena itu berisi ajaran-ajaran yang dapat digunakan saebagai pegangan hidup umat manusia sehari-hari.Biasanya masyarakat Pinggir Papas melakukan persiapan untuk menyambut upacara nyedher, seperti di adakan rapat kampung yang hanya di ikuti oleh para sesepuh-sesepuh desa.