Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-22T18:56:42+07:00
- Kelebihan dari Termometer Air Raksa, antara lain : a. Jangkauan suhu air raksa cukup lebar, karena air raksa membeku pada suhu -40C       dan mendidih pada suhu 360C . b. Air Raksa mudah dilihat karena mengkilat. c. Pemuaiannya sangat teratur. d. Terpanasi secara merata, sehingga perubahan suhu sangat cepat. e. Air Raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti. f. Air Raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur.


- Kekurangan dari Termimeter Air Raksa, antara lain : a. Sukar diperoleh sehingga air raksa harganya cukup mahal. b. Air Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah (<-400C) c. Air Raksa termasuk zat bera
cun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.


- Kelebihan dari Termometer Alkohol, antara lain : a. Alkohol harganya murah dan mudah mendapatkannya di pasaran. b. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, sebab titik beku alkohol -1300C c. Alkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikkan suhu yang sangat kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar.



- Kekurangan dari Termometer Alkohol, antara lain : a. Tidak dapat mengukur suhu tinggi, karena titik didihnya rendah (78C). b. Membasahi dinding kaca. c. Alkohol tidak berwarna, sehingga perlu memberi pewarna terlebih dahulu agar dapat dilihat.

1 5 1
2014-05-22T18:58:18+07:00
Kelebihan:
1)harganya murah dan mudah didapatkan di pasar
2)alkohol dapat mengukur suhu yg sgt rendah
3)alkohol ketelitiannya lebih tinggi

Kerugian:
1)tdk dpt mengukur suhu tinggi
2)membasahi dinding kaca