ilmu yang mempelajari tentang farmasi
Farmakologi atau ilmu khasiat obat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya
Ini menurut KBBI
Ini menurut KBBI
far·ma·ko·lo·gi n ilmu tt interaksi antara obat, sistem, dan proses hidup untuk kepentingan diagnosis, pencegahan, perawatan, dan pengobatan penyakit
ilmu tentang obatan.
ilmu ini juga mempelajari tentang berbagai penyakit

Jawabanmu

2013-12-08T20:03:03+07:00
Farmakologi atau ilmu khasiat obat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya.Ilmu khasiat obat ini mencakup beberapa bagian,mari dibahas satu persatu :)

1. Farmakognosi, mempelajari pengetahuan & pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat-zat aktifnya,begitu pula yang berasal dari mineral dan hewan.

2. Biofarmasi, meneliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya.Dengan kata lain dalam bentuk sediaan apa obat harus dibuat agar menghasilkan efek yang optimal.

3. Farmakokinetika, meneliti perjalanan obat mulai dari saat pemberiannya, bagaimana absorpsi dari usus, transpor dalam darah dan distribusinya ke tempat kerjanya dan jaringan lain.

4. Farmakodinamika, mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup terutama cara dan mekanisme kerjanya,reaksi fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya.Singkatnya,farmakodinamika mencakup semua efek yang dilakukan oleh obat terhadap tubuh.

5. Toksikologi, pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh dan sebetulnya termasuk pula dalam kelompok farmakodinamika.

6. Farmakoterapi, mempelajari penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya.

1 4 1
2013-12-08T20:35:39+07:00
Farmakologi adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Dalam ilmu ini dipelajari: Penelitian mengenai penyakit-penyakitKemungkinan penyembuhanPenelitian obat-obat baruPenelitian efek samping obat-obatan atau teknologi baru terhadap beberapa penyakit berkaitan dengan perjalanan obat di dalam tubuh serta perlakuan tubuh terhadapnya.
Farmakologi adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Dalam ilmu ini dipelajari:

Penelitian mengenai penyakit-penyakit
Kemungkinan penyembuhan
Penelitian obat-obat baru
Penelitian efek samping obat-obatan atau teknologi baru terhadap beberapa penyakit berkaitan dengan perjalanan obat di dalam tubuh serta perlakuan tubuh terhadapnya.