Jawabanmu

2014-05-22T13:25:28+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-05-22T13:27:24+07:00
Hijrah Rasulullah saw terjadi sesuai dengan titah Allah Swt untuk mengalahkan plot kejam kaum musyrikin Mekkah yang berniat membunuh Rasulullah saw. Jelas bahwa hijrah ini harus dilakukan dengan menjalankan seluruh poin-poin keamanan dan dalam keadaan sembunyi-sembunyi; karena Rasulullah saw diinstruksikan untuk mengamalkan perintah Ilahi berdasarkan jalan-jalan natural dan normal. Karena itu, jelas bahwa apabila banyak orang yang melakukan hijrah bersama Rasulullah saw maka pihak lawan akan segera dapat mengetahuinya dan boleh jadi Rasulullah saw tidak akan dapat memenuhi perintah tersebut. Mengingat kaum musyrikin setelah hijrahnya Rasulullah—mencari dengan segala fasilitas yang mereka miliki, namun mereka tidak menemukannya—dan setelah itu, karena putus asa, mereka pun mengejar dan menyakiti Imam Ali as.Sebagian besar kaum Muslimin telah melakukan hijrah ke Madinah sebelum Rasulullah saw dan hanya sebagian kecil dari mereka yang tinggal di Mekkah, yang kemudian menjadi sasaran gangguan kaum musyrikin. Harta mereka di Mekkah ditahan sehingga mereka tidak memiliki harta sepeser pun setelah hijrah ke Madinah.
1 5 1