Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-22T10:41:18+07:00
Setelah Demak mengalami kemunduran, ibukotanya dipindahkan ke Pajang dan mulailah pemerintahan Pajang sebagai kerajaan. Kerajaan ini terus mengadakan ekspansi ke Jawa Timur dan juga terlibat konflik keluarga dengan Arya Penangsang dari Kadipaten Jipang Panolan. Setelah berhasil menaklukkan Aryo Penangsang, Sultan Hadiwijaya (1550-1582), raja Pajang memberikan hadiah kepada 2 orang yang dianggap berjasa dalam penaklukan itu, yaitu Ki Ageng Pemanahan dan Ki Penjawi. Ki Ageng Pemanahan memperoleh tanah di Hutan Mentaok dan Ki Penjawi memperoleh tanah di Pati.Pemanahan berhasil membangun hutan Mentaok itu menjadi desa yang makmur, bahkan lama-kelamaan menjadi kerajaan kecil yang siap bersaing dengan Pajang sebagai atasannya. Setelah Pemanahan meninggal pada tahun 1575 ia digantikan putranya, Danang Sutawijaya, yang juga sering disebut Pangeran Ngabehi Loring Pasar. Sutawijaya kemudian berhasil memberontak pada Pajang. Setelah Sultan Hadiwijaya wafat (1582) Sutawijaya mengangkat diri sebagai raja Mataram dengan gelar Panembahan Senapati
1 5 1
2014-05-22T10:51:24+07:00
Karna jasanya membantu hadiwijaya utk menghadapi ario penangsang,Ki Ageng pemanahan diberi daerah mataram dan secara resmi menjadi penguasa mataram dibawah pajang.setelah hadiwijaya meniggal,sutawijaya memindahakan pusaka kerajaan dari pajang ke mataram.pindahnya pusaka kerajaan menunjukkan bahwa pusat pemerintahan jawa kini ada di Mataram.