1. jelaskan proses pemisahan campuran dengan metoda penyaringan,sentrifugasi,sublimasi,kromatografi,dan distilasi!
2.sebutkanlah metoda pemisahan komponen dari bahan berikut:
-air murni dari air laut
-garam dari campuran garam dan pasir
-minyak kelapa dari santen

*TOLONG DI JAWAB YA!

2

Jawabanmu

2014-01-27T18:25:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
 Proses pemisahan campuran
a)      Penyaringan merupakan pemisahan padatan dari suatu suspensi dengan menggunakan alat penyaring.      Pemisahan ini berdasarkan pada perbedaan ukuran partikel suspensi.
b)      Sentrifugasi merupakan pemisahan padatan dari suatu suspensi dalam jumlah kecil dengan cara pemusingan yang sangat cepat. Pemisahan ini di dasarkan atas gaya sentrifugal yang terjadi dan gaya gravitasi.
c)      Sublimasi merupakan pemisahan padatan dari suatu campuran berbentuk padatan dengan cara penguapan. Pemisahan ini didasarkan adanya partikel padatan dari campuran tersebut yang dapat menyublim. Contoh penguapan kapur barus (kamper), pemisahan iodin dari campurannya.
d)      Kromatografi merupakan suatu cara pemisahan, dimana komponen-komponen yang akan dipisahkan terdistribusi kedalam dua fase yaitu fase stationer (tetap) dan fase mobil (bergerak)
e)      Distilasi merupakan pemisahan cairan dari suatu larutan dengan cara penguapan dan diikuti dengan proses kondensasi (pengembunan). Pemisahan ini berdasarkan perbedaan titik didih komponen zat cair dalam larutan.
untuk lebih jelasnya kunjunggi http://remenprestasi.blogspot.com/2013/11/ulangan-harian-ke-5-kelas-7-semester-1.html
emang bener?
a) Penyaringan merupakan pemisahan padatan dari suatu suspensi dengan menggunakan alat penyaring. Pemisahan ini berdasarkan pada perbedaan ukuran partikel suspensi.
b)Sentrifugasi merupakan pemisahan padatan dari suatu suspensi dalam jumlah kecil dengan cara pemusingan yang sangat cepat. Pemisahan ini di dasarkan atas gaya sentrifugal yang terjadi dan gaya gravitasi.
c)Sublimasi merupakan pemisahan padatan dari suatu campuran berbentuk padatan dengan cara penguapan.
2014-01-27T18:31:54+07:00
1.filtrasi(peyaringan)
campuran heterogen ditempatkan dalam wadah erlenmeyer,diaduk hingga tercampur semua dan didiamkan hingga terbentuk endapan .siapkan erlemenmeyer lain ,pasang kertas saring di atas corong yang ditaruh pada mulut erlenmeyer .
tuang campuran heterogen kedalam kertas saring .zat padat akan tertahan di kertas saring,sedangkan zat cair mengalir melalui pori-pori kertas saring dan terkumpul di erlenmeyer.