Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-21T22:07:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Misalkan koefisien masing-masing reaksi : a, b, c, d, e.a

a Cl₂      +     b KOH                    c KCl     +   d KClO₂  +  e H2O
 

ruas kiri             =          ruas kanan

Atom Cl                                         2a         =          c + d    …………… (1)
Atom K                                          b          =          c + d    …………… (2)
Atom O                                          b          =          2d + e   …………… (3)
Atom H                                          b          =          2e         ……………. (4)

Dimisalkan a = 1,Dari persamaan (1) dan (2) :            2 = c + d
b = c + d,         maka b = 2

dari persamaan (4) :            b = 2e ,             maka e = 1
dari persamaan (3) :            b = 2d + e
2 = 2d + 1,        maka d = ½
dari persamaan (2) :            b = c + d
2 = c + ½,         maka c = 1 ½ 

Koefisien yang telah didapatkan dikalikan 2 :
a = 2, b = 4, c = 3, d = 1 dan e = 2,

maka persamaan reaksi menjadi :

2Cl₂      +          4KOH             →              3 KCl    +    KClO₂    +   2H₂O
2 5 2
2014-05-22T03:32:06+07:00
Diketahui a=2, b=4,c=3,d=1,e=2 jadi
2Cl²+4 KOH»3KCl+KClO²+2H²O