Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-21T21:31:56+07:00
Divisi : Pteridophyta
subdivisi : terbagi 4 (psilophyta, Lycophyta, Sphenophyta dan Pterophyta)



2 5 2
2014-05-21T21:32:48+07:00
Tumbuhan paku atau tumbuhan berpembuluh namun tidak berbiji memiliki 4 divisi yakni Psilophyta,  Lycophyta, Equisetophyta,  dan Pterophyta. Klasifikasi tersebut berdasarkan morfologinya. Adapun penjelasan masing - masing divisi adalah sebagai berikut :

1) Psilophyta belum  memiliki  struktur  akar  dan  sebagian  besar  tidak memiliki daun. Struktur akarnya berupa rhizoma. Pada batangnya terdapat sporangia. Divisi ini dianggap sebagai divisi tumbuhan berpembuluh tidak berbiji paling primitif. kebanyakan tumbuhan di divisi ini telah punah.

2) Lycophyta memiliki struktur daun berbentuk mirip rambut sisik dengan batang seperti kawat sehingga sering disebut paku kawat. Sporangiumnya tersusun  dalam  bentuk  strobilus. Umumnya  Lycophyta  adalah  tumbuhan  epifit.  Akan  tetapi,  ada  juga yang  tumbuh  di  dasar  lantai  hutan  di  daerah  tropis.  Lycophyta  memiliki spora dalam sporofit. Terdapat Lycophyta yang tidak berfotosintesis, namun bersimbiosis dengan jamur. Lycopodium sp. dapat menghasilkan spora tunggal yang nantinya berkembang menjadi gametofit yang memiliki organ jantan dan betina. Adapun Selaginella dapat menghasilkan dua spora, yaitu spora kecil (mikrospora) dan spora besar (makrospora).

3) Equisetophyta  (Sphenophyta) memiliki bentuk daun mirip kawat dengan susunan daun satu lingkaran. Kelompok ini memiliki homospora pada konus di ujung batang, memiliki banyak daun, batang berongga, dan beruas.  Pada divisi ini terdapat silika yang terkonsentrasi di batang sehingga tumbuhan ini sering dijadikan sebagai bahan penggosok. Karena bentuknya unik, divisi ini sering disebut sebagai paku ekor kuda. 

4) Pterophyta dianggap sebagai paku sejati. Terdapat lebih dari 12.000 spesies
Pterophyta hingga saat ini. Anggotanya ada yang memiliki panjang 9 meter. Pterophyta memiliki ciri-ciri daun yang besar dan sorus di bagian bawah daun.
2 3 2