Jawabanmu

2014-05-21T21:27:36+07:00
2014-05-21T21:28:25+07:00
1.       Karena Belanda merasa terhalangYaitu pada waktu itu kerajaan Makassar dipimpin oleh Sultan Hasanudin yang sangat tidak menyukai penjajah (Belanda). Dia meluaskan daerahnya sampai ke bagian Nusa Tenggara, sedangkan jalur perdagangan VOC (Belanda) waktu itu Maluku-Batavia sehingga untuk mencapai jalur tercepat harus melalui wilayah Makassar dan membayar pajak. Karena Belanda tidak mau dirugikan dia menyerang Makassar.
2.       Tujuan utama penjajahTujuan utama penjajah ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah dan menguasai wilayah produsen tersebut. Dan Makassar salah satunya dan merupakan alasan Belanda menyerang Makassar.
Dari kedua alasan di atas, serangan Belanda terhadap Maksar gagal..
 3.       Dari kegagalan tersebut, Belanda mencoba mencari kelemahan Makassar.Ternyata, Aru Palaka (Raja Soppeng-Bone) tidak menyukai Sultan Hasanudin. Lalu Belanda bekerja sama dengan Aru Palaka untuk menyerang Makassar. Belanda menyerang dari laut sedangkan Aru Palaka menyerang dari darat, dan berhasil.
Maka akibat keberhasilan tersebut, terbentuklah Perjanjian Bongaya yang berisi :1.       VOC memperoleh monopoli dagang di Makassar2.       Belanda dapat mendirikan benteng3.       Makassar harus melepaskan daerah-daerah jajahannya, seperti Bone dan pulau-pulau di luar Makassar4.       Aru Palaka diakui sebagai Raja Bon