Jawabanmu

2014-01-27T17:43:35+07:00
Jatuhnya kabinet tojo pada tanggal 17 juli 1944
Jawaban paling cerdas!
2014-01-27T17:44:03+07:00
Menjelang tahun 1944, posisi jepang dalam perang pasifik mulai terjepit. Satu per satu daerah jajahan jepang dapat direbut oleh sekutu. Ketika pada bulan juli 1944 Pulau Saipan pada gugusan Kepulauan Marina jatuh ketangan sekutu. Bagi sekutu pulau teersebut sangat penting karena jarak Saipan-Tokyo dapat dicapai oleh pesawat pengebom B 29 USA. Hal itu menyebabkan kegoncangan dalam masyarakat jepang.            Akibat faktor yang tidak menguntungkan tersebut, menyebabkan jatuhnya kabinet Tojo pada tanggal 17 juli 1944 dan digantikan oleh Jendral Kuniaki Koiso. Untuk mempertahankan kedudukannya dan agar rakyat Indonesia mau membantu jepang, maka Jendral Koiso memberi janji kemerdekaan pad tanggal 7 september 1944 dan sebagai relasinya dibentuk BPUPKI.