Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-21T20:29:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut antarpulau pun merupakan wilayah Republik Indonesia dan bukan kawasan bebas. Deklarasi Djuanda selanjutnya diresmikan menjadi UU No.4/PRP/1960 tentang Perairan Indonesia. Akibatnya luas wilayah Republik Indonesia berganda 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km² dengan pengecualian Irian Jaya yang walaupun wilayah Indonesia tapi waktu itu belum diakui secara internasional. 

Isi dari Deklarasi Juanda, 13 Desember 1957 : 

1. Bahwa Indonesia menyatakan sebagai negara kepulauan yang mempunyai corak tersendiri 

2. Bahwa sejak dahulu kala kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan 

3. Ketentuan ordonansi 1939 tentang Ordonansi, dapat memecah belah keutuhan wilayah Indonesia dari deklarasi tersebut mengandung suatu tujuan : 

a. untuk mewujudkan bentuk wilayah Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan bulat 
b. Untuk menentukan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan azas negara Kepulauan 
c. Untuk mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI

semoga membantu :)
1 5 1
2014-05-21T20:30:26+07:00
Isi Deklarasi Djuanda yg dilaksanakan tanggal 13 - 12 - 1957 adalah bahwa wilayah negara Indonesia adalah segala perairan disekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau2 termasuk dalam daratan RI, dengan tidak memandang luas dan lebarnya

1 5 1