Jawabanmu

2014-05-21T20:05:44+07:00
Mempelajari, menyebarkan kepada teman
Jawaban paling cerdas!
2014-05-21T20:06:31+07:00
Kebudayaan itu dapat dilihat, didengar, dirasakan, dan dipakai (dipergunakan). 
Yg dapat dilihat itu seperti produk seni lukis, seni patung, seni pahat, dan berbagai senirupa lainnya. Yg dapat didengar itu bisa seni musik, seni olah kata (syair, pantun) dan senisuara lainnya. Yg dapat dirasakan itu berupa makanan dan minuman. Yg dapat dipakai (dipergunakan) itu berupa kain, pakaian, peralatan kerja, peralatan upacara, senjata, pakaian adat, pakaian upacara, dll. 

Nah, budaya daerah itu adalah semua hal di atas yg merupakan khas suatu daerah. 

Bagaimana kita bisa melestarikan budaya daerah Indonesia yg dikatakan Bhineka Tunggal Ika, banyak jenis, banyak ragam budaya itu? 

Segala yg dapat dilihat harus bisa diperlihatkan, apa yg dapat didengar harus sering diperdengarkan, apa yg dapat dirasakan harus sering disuguhkan, apa yg dapat dipakai harus dijadikan pakaian utama dalam berbagai kegiatan. Semua kesempatan itu tidak hanya dilakukan di daerah itu saja, tetapi bisa dilakukan saling tukar budaya . . . misal dalam suatu kontes seni musik, seni suara, kontes pakaian adat, kontes senirupa (bisa seni patung, seni lukis), bahkan bisa dilakukan ke mancanegara untuk memperkenalkan budaya daerah Indonesia. 

Misalkan saja dalam acara pelantikan anggota wakil rakyat daerah, diharuskan memakai pakaian upacara daerah setempat . . . bukan JAS (memangnya Indonesia daerah dingin!?) atau kemeja dgn dasi atau baju safari (itu tidak menghargai budaya daerah/nasional) . . . dan pada pelantikan wakil rakyat di pusat, setiap wakil daerah harus menggunakan pakaian adat daerah yg diwakilinya . . . padahal mereka itu belum tentu orang dari daerah yg diwakilinya, bisa saja seseorang yg diDROP dari Jakarta ditampilkan sebagai wakil daerah . . . itulah mungkin kenapa mereka itu tidak pernah terlihat bangga dengan budaya daerahnya . . . wakil rakyat daerah bohongan. 

Bisa sj pada satu waktu dilakukan pesta budaya di suatu kota (daerah), diundanglah peserta kebudayaan (yg dilihat, didengar, dirasakan dan dipakai) dari berbagai daerah untuk ikut meramaikan. Di lain waktu dilakukan di kota (daerah) yg lain . . . begitu bergilir dalam setahun, maka berbagai organisasi kebudayaan daerah itu akan mendapatkan tempat di hati masyarakat dan anggotanya mendapatkan kesempatan kerja/usaha ataupun penghidupan dalam rangka melestarikan budaya daerahnya. 

Kalau kebudayaan itu dapat diperlihatkan, diperdengarkan, disuguhkan, maka kebudayaan itu bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia => sumber devisa => pemasukan daerah/negara => untuk membayar pelaku budaya.
5 5 5