Hujan asam terjadi pada saat air hujan memiliki pH sampai di bawah 5,5 karena kandungan asam di dalamnya. Kandungan asam yang tinggi dapat terjadi karena proses pelarutan gas asidik dalam jumlah besar yang dikeluarkan dari industri, transportasi atau letusan gunung berapi. Gas ini dapat berupa CO dan CO2 (dalam air akan membentuk asam karbonat), SOx (membentuk asam sulfit), NOx (membentuk asam nitrit)
Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri,pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia).
apa akibat atau efek sari rumah kaca?
global warming

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-21T19:45:12+07:00
Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut.
bagaimanakah akibat yang dirimbulkan hujan asam terhadap lingkungan?
2014-05-21T19:50:33+07:00
Pada dasarnya hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, yaitu sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. 2 zat tersebut akan terkumpul di atmosfir. kedua zat tersebut lalu akan bercampur dengan uap air di udara sehingga menjadi asam belerang dan asam nitrat. asam ini membentuk awan dan jatuh ke tanah sebagai hujan asam...
bagaimanakah akibat yang dirimbulkan hujan asam terhadap lingkungan?
1.merusak tanaman, bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan yg trbuat dari batu dan logam, memengaruhi kualitas air permukaan sehingga berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di dalamnya