Tlong dong artiin
the golden compass
lyra belaqua,and her daemon pantalaimon,had lived as an orphan in jordan collage for years. her only relative was her uncle, lord asriel. he was a scientist and an adventurer,and was busy doing his experiment in north pole. therefore, lyra was taken care by the professors and scholars of jordan collage because she had no other place to go. one day lyra overhead the conversation between her uncle and the college senate. it was an extraordinary conversation about a microsco-pic particle,called dust. this particle was said to unite different worlds, and was feared by many who want to destroy it forever. it was what lord asriel experimenting in the north. at the time, she did not know that this conversation would drag her into a dangerous adventure of her faith. soon after that,her uncle was reported missing in the north. and lyra had to leave jordan college to live under the care of a woman named mrs.coulter. at the beginning,she liked her new life,and learned many things as a young girl.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-27T16:15:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kompas emaslyra Belaqua , dan Pantalaimon daemon nya , telah hidup sebagai yatim piatu di jordan kolase selama bertahun-tahun . hanya relatif nya pamannya , Lord Asriel . dia adalah seorang ilmuwan dan seorang petualang , dan sedang sibuk melakukan percobaan di kutub utara . Oleh karena itu , lyra adalah diurus oleh profesor dan sarjana dari jordan kolase karena dia tidak punya tempat lain untuk pergi . satu hari lyra overhead percakapan antara pamannya dan senat perguruan tinggi. itu adalah percakapan yang luar biasa tentang partikel microsco - pic , yang disebut debu . partikel ini dikatakan untuk menyatukan dunia yang berbeda, dan ditakuti oleh banyak orang yang ingin menghancurkannya selamanya . itu adalah apa yang Lord Asriel bereksperimen di utara . pada saat itu , dia tidak tahu bahwa percakapan ini akan menyeretnya ke dalam petualangan berbahaya imannya . segera setelah itu , pamannya dilaporkan hilang di utara . dan lyra harus meninggalkan jordan perguruan tinggi untuk hidup di bawah perawatan seorang wanita bernama mrs.coulter . di awal , dia menyukai kehidupan barunya , dan belajar banyak hal sebagai gadis muda .
tlong dong sekali lagi however, soon she discovered that mrs.coulter was the leader of the gobbler. gobbler had kidnapped many children to be sent away to the north. lyra finally managed to escape from her,and runaway with the gypsies. they helped her went to the north to find ord asriel and freed the kidnapped childreen
2014-01-27T16:17:54+07:00
Kompas emas
Lyra belaqua, dan pantalaimon daemon nya, telah hidup sebagai seorang yatim piatu di Yordania kolase selama bertahun-tahun. Ia hidup hanya bersama pamannya, Tuhan asriel. Ia adalah seorang ilmuwan dan seorang petualang yang sibuk melakukan eksperimen di Kutub Utara. oleh karena itu, Lyra adalah diurus oleh para profesor dan sarjana Yordania kolase karena dia tidak ada tempat lain untuk pergi. Suatu hari Lyra mendengar percakapan antara pamannya dan Senat perguruan tinggi. Percakapan itu sangat luar biasa percakapan tentang partikel microsco-pic, disebut debu. Partikel ini dikatakan untuk menyatukan dunia yang berbeda, dan ditakuti oleh banyak orang yang ingin menjadi penghancur selamanya. Itu membuat Tuhan asriel  bereksperimen di Utara. Pada waktu itu, ia tidak tahu bahwa percakapan ini akan menyeret dirinya ke dalam petualangan yang membahayakan imannya. Setelah itu pamannya dilaporkan hilang di utara. Dan lyra harus meninggalkan yordan perguruan tinggi untuk hidup di bawah perawatan seorang wanita bernama mrs.coulter. Di awal kehidupanny, dia menyukainya kehidupan baru, dan belajar banyak hal seperti seorang gadis muda.
tlong dng skli lg during the journey, lyra and her gypsies friends met lots of danger and intresting people. one of them was lorek birnisson, an armored bear. lorek and lyra became best friend. he helped her freed the kidnapped children and faced mrs.coulther and her company. he also took her to her uncle whereabouts. lyra had learned that lord asriel was actually her real father. at the end of her dangerous adventure,she managed to rejoin him and helped him with his experiment on dust
selama perjalanan, lyra dan gipsi nya teman-teman bertemu banyak bahaya dan intresting orang. salah satunya adalah birnisson lorek, beruang berbaju besi. lorek dan lyra menjadi teman terbaik. ia membantunya membebaskan anak-anak diculik dan menghadapi mrs.coulther dan perusahaannya. ia juga membawanya ke keberadaan pamannya. lyra telah belajar bahwa Lord Asriel sebenarnya ayah kandungnya. pada akhir petualangan yang berbahaya, dia berhasil bergabung dengannya dan membantunya dengan eksperimennya