Sebuah peta berskala 1:10.000.000.Jarak kota Jambi dan Palembang pada peta jaraknya 2,4 cm.
Seorang sopir bis berangkat dari kota Jambi menuju Palembang dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.
Selama perjalanannya,ia berhenti istirahat sebanyak kali selama 30 menit.
Ia tiba di kota Palembang pukul 10.30 WIB

Pertanyaan :

a. Berapa jam bis itu diperjalanan ?
b. Pukul berapa sopir bis itu berangkat dari kota Jambi ?

Thanks

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-27T15:03:58+07:00
1 : 10.000.000  = 1 cm di peta mewakili 100 km sebenarnya.

Jarak kota Palembang dan Jambi 
= 2,4 x 100
= 240 km

a. waktu = 240/80 = 3
    Jadi waktu selama diperjalanan 3 jam

b. 10.30 - 03.00 - 00.30
     = 07.00

7 4 7
2014-01-27T16:33:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. jarak sebenarnya = skala x jarak pada peta
10.000.000 x 2.4 +24.000.000 cm : 100000 = 240 km
waktunya = jarak : kecepatan = 240 : 80 km/jam = 3jam + 30menit =3.5jam
2.10.30-3.30 = 7.00 wib
4 3 4