makna dan pelajaran yang di dapat bahwa orang luar yang menjajah di indonesia tidak sedikitpun perjanjiannya tidak menguntungkan indonesia. seperti semua senjata harus di seharkan.
perjanjian bongaya merupakan perjanjian perdamaian yang ditandatangani pada tanggal 18 November 1667 di Bungaya antara Kesultanan Gowa yang diwakili oleh Sultan Hasanuddin dan pihak Hindia Belanda yang diwakili oleh Laksamana Cornelis Speelman. Walaupun disebut perjanjian perdamaian, isi sebenarnya adalah deklarasi kekalahan Gowa dari VOC (Kompeni) serta pengesahan monopoli oleh VOC untuk perdagangan sejumlah barang di pelabuhan Makassar (yang dikuasai Gowan).

Jawabanmu

2014-05-21T12:13:36+07:00
Isi perjanjian bongaya:1.VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.2. Makasar harus melepas seluruh daerah bawahannya, seperti Sopeng, Luwu, Wajo, dan Bone.3. Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone.4. Makasar harus menyerahkan seluruh benteng-bentengnya.5. Makasar harus membayar biaya perang dalam bentuk hasil bumi kepada VOC setiap tahun.

Makna yg terkandung adalah deklarasi perjanjian damai antara kerajaan makasar dgn voc, karena sultan hasanudin terdesak dan kalah perang melawan voc.Ini menjadi pelajaran berharga bgi kita supaya mengukuhkan persatuan kita dan jgn mau kita kembali ditipu dan diadudomba seperti yg telah belanda lakukan pd masa kolonial terhadap masyarakat nusantara.