Jawabanmu

2014-01-26T22:26:54+07:00
Karena perdagangan di luar indonesia kurang bagus, sehingga memicu datangnya pedagang dari luar indonesia ungtuk mengelola bisnis dan mengelola sda di indonesia
5 2 5
Jawaban paling cerdas!
2014-01-26T22:26:56+07:00
1)      Terbentuknya hubungan perdagangan Nusantara diawali dengan penguasaan laut. 2)      Jalur perdagangan yang berkembang di Nusantara sangat ditentukan oleh kepentingan ekonomi pada saat itu dan perkembangan rute perdagangan dalam setiap masa yang berbeda-beda. Pada masa perkembangan Hindu-Buddha di Nusantara terdapat dua kekuatan peradaban besar yaitu cina dan India. Keduanya merupakan dua kekuatan super power pada masanya dan pengaruhnya amat besar terhadap penduduk di kepulauan Indonesia. Adanya perubahan rute perdagangan menyebabkan  masyarakat dan suku bangsa di Nusantara terintegrasi secara langsung ke dalam jalinan perdagangan dunia pada masa itu .
9 3 9