Jawabanmu

2014-05-20T17:58:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Di dalam ginjal terjadi tiga rangkaian proses penting,yaitu filtrasi,reabsorpsi,dan augmentasi yang hasil akhirnya berupa urin.proses pembentukan urin selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.proses ini diawali dengan masuknya darah ke glomerulus di dalam badan malpigi,kemudian akan terjadi proses penyaringan filtrasi yang pertama,hasilnya berupa 150-170 liter filtrat glomerulus atau disebut urine primer.selain zat yang tidak berguna,urine primer masih mengandung zat2 yang berguna,antara lain glukosa,garam2,dan asam amino.
2.urine primer kemudian menuju ke tubulus proksimal.dsini akan terjadi reabsorpsi zat yang masih berguna,seperti glukosa dan asam amino yang hasilnya berupa urine sekunder.
3.urine sekunder kemudian masuk ke tubulus distal.disini akan terjadi penyaringan yang kedua terhadap ion Na+ dan Cl- serta sekresi ion H+ dan K+,hasilnya berupa urine sesungguhnya yang berjumlah lebih kurang 1-1,5 liter.urine ini akan dikumpulkan ke tubulus kolektivus,lalu di keluarkan melalui pelvis renalis.prose yang terakhir ni disebut pula augmentasi yang merupakan proses pengumpulan dan pengeluaran zat yang tidak berguna dan tidak dapat disimpan (terjadi di tubulus distal dan tubulus kolektivus).
ITU JAWABANNYA:)
18 2 18