Jelaskan perbedaan genotipe dengan fenotipe. Beriakn contoh genotipe dan fenotipe pada kehidupan sehari-hari minimal 4

1
genotipe adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu,
sedangkan fenotif adalah karakteristik yang nampak akibat adanya genotif

Jawabanmu

2014-01-26T22:37:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Genotipe adalah sifat atau karakter yang ditentukan oleh gen. Ada yang menyebut genotipe sebagai faktor bakat atau pembawaan. Genotipe bersifat menurun dan diwariskan kepada keturunannya. Akan tetapi pengaruh genotipe tidak selalu menampakkan hasilnya sebab sangat bergantung pada lingkungannya. Sifat yang tampak dari luar disebut fenotipe. Fenotipe merupakan paduan antara genotipe dengan lingkungan.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai genotipe dan fenotipe, perhatikan ilustrasi berikut:

Misalkan air, memiliki genotipe H2O. Pada suhu 0oC hingga 100oC (lingkungan), air menampakkan sifat cair (fenotipe). Pada suhu di atas 100oC fenotipenya berupa uap dan pada suhu di bawah 0oC fenotipenya berupa es. Jadi meskipun air genotipenya H2O, fenotipenya bisa saja cair, padat dan gas, tergantung suhu lingkungannya
13 4 13