Jawabanmu

2014-05-20T15:54:41+07:00
Klo huruf a thaf kata penyambung contohnya huruf wau
klo huruf jar dipakai klo ada izim contohnya min, ila, an, ala, fi' rubba, 
2 2 2
2014-05-20T21:10:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Huruf athaf adalah huruf yang digunakan untuk menyambung beberapa kalimat (biasanya isim) tanpa merubah susunan atau tarkib dan mahal (keadaan) dari kalimat yang awal.
contoh : أحمل القلم و الكتاب و الممسحة ( cara bacanya : ahmilu al-qolama wal kitaba wal mimsahata, artinya : saya membawa pena, buku, dan penghapus)
huruf athofnya yaitu huruf wawu yang menyambungkan al-qolama, al-kitaba, dan al-mimsahata. kalimat awal adalah al-qolama yang beralamat/tanda nashob (fathah) karena berposisi sebagai objek. sedangkan al-kitaba dan al-mimsahata juga berharokat fathah karena ada athof.
sedangkan huruf jar, hanya membuat isim (kata benda) berharokat kasroh karena fungsi huruf jar yaitu men-jarkan isim.
contoh : القلم فى الفصل (al-qolamu fil fashli ==> pena di dalam kelas) huruf jarnya yaitu fi sehingga kata al-fashlu (aslinya) karena kemasukan fi menjadi fil fashli.

Syukron...
5 4 5