Jawabanmu

2014-05-19T22:47:59+07:00
Ungkapan positifnya: berhati-hatilah, waspada, jaga jarak, jangan memperkeruh suasana, jangan coba-coba, jangan jahil, jangan iseng, jangan jahat ... dlsb.

Kata 'jangan main api' memang bisa dipergunakan untuk banyak suasana.
Misalkan saja, di suatu lingkungan/kelompok sebetulnya damai dan rukun, bisa dibuat bergejolak, kalau ada seseorang yg bisa melakukan provokasi. Di dalam setiap kelompok ada orang yg bisa menyulut itu, bisa dengan gossip, dengan fitnah, dlsb. Ketua (tetua) kelompok biasanya tahu dan bisa menegur orang itu dengan kata ungkapan 'jangan main api' pada saat si orang itu hendak (ataupun sedang) melaksanakan aksi jahilnya.

Di dalam perusahaan, pasti ada orang-2 yg suka melakukan manipulasi, baik iseng ataupun mencari keuntungan ... seseorang yg sudah mengenal orang tersebut, bisa menggunakan ungkapan itu untuk memperingatkan orang itu.

Di dalam hubungan antar-manusia, pasti ada yg mata-keranjang meski sudah punya pasangan tetap ... orang yg sudah mengenal watak orang itu, biasa memberi warning dengan ungkapan 'jangan main api', kalau orang itu terlihat membuat gerakan pendekatan kepada tetangga baru yg janda kembang, atau kepada pegawai baru yg cantik, atau bisa saja kepada seorang wanita cantik istri seorang pelanggan ... maksudnya jelas jangan main api asrama eh asmara, bisa bubar rumah tangga ... waspada; hati-hati; jaga jarak.

Ungkapan itu bisa digunakan di banyak suasana, lingkungan, keadaan, situasi. Ungkapan 'jangan main api' ini biasa digunakan oleh seseorang yg sudah mengenal watak/karakter/kebiasaan temannya (rekan kerjanya atau siapapun yg dikenalnya dgn baik) agar tidak melakukan tindakan tercela, yg memang sudah menjadi kebiasaan si teman itu. Menegur sebelum terjadi, memperingatkan akan munculnya sifat/watak/karakter yg tidak baik. Tentu sj tidak bisa digunakan untuk menegur orang lain begitu saja, kecuali seorang pimpinan kepada anak buahnya, ketua kelompok kepada anggotanya, ketua masyarakat kepada warganya ... dgn asumsi si ketua/pimpinan itu sebenarnya mengetahui siapa saja yg bisa bermain api dan dia ingin memberi peringatan dini.


2014-05-19T22:48:20+07:00
Jangan pernah kau mencoba bermain api dengan dia.
2 3 2