Gejala sosial adalah semua peristiwa yang dibuat dan dilakukan oleh manusia.
Macam-macam gejala sosial:
1. kemiskinan
kejahatan, kependudukan dan lingkungan hidup
kemiskinan,kejahatan,kependudukan,dan lingkungan hidup

Jawabanmu

2014-01-26T20:54:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kemiskinan merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh sebagian besar negara-negara di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin dapat membuat keadaan sosial suatu negara menjadi buruk karena munculnya kecemburuan sosial antar masyarakat.kejahatan merupakan salah satu masalah sosial yang sering terjadi di seluruh negara di dunia, termasuk di seluruh negara-negara di Asia Tenggara. kejahatan muncul karena beberapa hal, antara lain kemiskinan, kurangnya pendidikan,dan kurangnya lapangan pekerjaan.kependudukan. masalah kependudukan yang paling nyata dialami oleh sebagian besar di negara-negara di kawasan Asia Tenggara antara lain jumlah dan persebaran penduduk, kualitas penduduk serta tingkat pendidikan danketerampilan yang dimiliki. untuk mengatasi ini, pemerintah Indonesia menjalankan program transmigrasi yaitu program pemindahan penduduk dari daerah yang terlalu padat ke daerah lain yang tidak padat.lingkungan hidup. masalah lingkungan hidup yng biasanya terjadi yaitu pencemaran. pencemaran terjadi apabila di dalam lingkungan fisik, biologis, dan sosial terdapat suatu bahan yang dapat merugikan ekosistem manusia.
27 3 27
2014-01-26T21:01:13+07:00
Keadaan yang berbeda-beda dalam masyarakat secara horizontal berdasarkan kriteria tertentu disebut diferensiasi sosial. Faktor-faktor yang dijadikan dasar pembedaan tidak menunjukkan gejala adanya tingkatan.

Ada 4 macam bentuk diferensiasi sosial, antara lain:
Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Ras
Konsep ras melahirkan jejak asal usul dalam diskursus biologis Darwinisme sosial yang menitikberatkan adanya garis keturunan dan jenis-jenis manusia. Ras biasanya mengacu kepada karakteristik biologis dan fisik yang diyakini dimana yang paling menonjol adalah warna kulit.

Menurut Paul Horton dan Charles Hunt (1999:60), ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan, disamping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat, ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan suatu frekuensi yang besar. Dari pengertian tersebut, nampak jelas bahwa ras merupakan penggolongan yang bersifat jasmaniah.
Diferensiasi Sosial berdasarkan Suku Bangsa [Lihat Detail]Gejala sosial yang tidak terlihat secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari tetapi yang mendasar dan mendalam di dalam kehidupan masyarakat Indonesia dapat dilihat melalui suku bangsa. Melalui suku bangsa inilah sebuah prinsip yang dikembangkan anggotanya mempunyai kekuatan social yang tidak bisa ditawar ataupun dibendung. Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan sosial lainnya karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaannya.
Diferensiasi Sosial berdasarkan Agama
Agama menurut Emile Durkheim adalah suatu sistem kepercayaan beserta paktiknya berkenaan dengan hal sakral yang menyatukan pengikutnya dalam suatu komunitas moral.
Diferensiasi Sosial Berdasarkan Gender
Pembedaan gender adalah cara berperilaku bagi pria dan wanita yang sudah ditentukan oleh kebudayaan yang kemudian menjadi bagian dari kepribadiannya. Studi gender pada dasarnya memperhatikan konstruksi budaya dari dua makhluk hidup yaitu pria dan wanita. Studi ini menguji persamaan dan perbedaan pengalaman dan interpretasi keduanya dalam berbagai konteks mengambil artian fundamental atas persepsi terhadap berbagai jenis hubungan sosial.


16 3 16