Jawabanmu

2014-01-26T20:37:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Kalimat majemuk setara sejalanà Kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang bersamaan situasinya.Contoh: Umkar pergi ke pasar, Ririn pergi ke sawah sedangkan Sirob pergi ke sekolah.2. Kalimat majemuk setara berlawananà Kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat yang isinya menyatakan situasi yang berlawanan.Contoh:Danis anak yang rajin, tetapi adiknya pemalas.3. Kalimat majemuk setara yang menyatakan sebab akibatà kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang isi bagian satu menyatakan sebab akibat dari bagian yang lainContoh : Ajiz mendapatkan rangking 1, karena dia anak yang rajin
9 2 9
Jawaban paling cerdas!
2014-01-26T20:39:59+07:00

Jenis-jenis kalimat majemuk setara, diantaranya :

1. Kalimat setara sejajar atau menggabungkan.

Contoh kalimat: Dia menanam bunga serta rajin menyiraminya.

2 . Kalimat setara berlawanan atau mempertentangkan.

Contoh kalimat: Johan tidak menulis surat, tetapi hanya sebatas menggambar.

3.Kalimat setara sebab-akibat.

Contoh kalimat: Penduduk Kota Surabaya panik lantaran terjadi gempa bumi.

4.Kalimat setara memilih.

Contoh kalimat: Dia bisa menunggu atau menemuinya langsung.

5. Kalimat setara menguatkan.

Contoh kalimat: Petinju itu bukannya keletihan, bahkan semakin kuat.


24 3 24