Hitung jumlah kalor yang diperlukan oleh 250 gram es,untuk berubah wujud dari suhu -5 derajat Celcius menjadi air pada suhu 20 derajat celcius.
( kalor jenis es=0,5 kal/g. derajat,kalor lebur es=80 kal/g,kalor jenis air 1 kal/g derajat C)

TOLONG YA YANG BISA DIBANTU BESERTA CARA DAN JAWABAN ,,MKSH!!

2

Jawabanmu

2014-05-19T19:18:17+07:00
Q1=250.5.0,5
q1=625 kal

q2=80.250
q2=20000 kal

q3=250.1.20
q3=5000 kal

625+20000+5000=25625 kal
Jawaban paling cerdas!
2014-05-19T19:28:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
m = 250 gram = 0,5 kg
ΔT = -5 - 20°C = 15°C
 C_{es} = 0,5 kal/g
 L_{es} = 80 kal/g
 C_{air} = 1 kal/g°C

Ditanyakan : Q......?

Penyelesaian :

Q1 =  m  C_{es}  ΔT
     = 0,5 . 0,5 . 20
     = 5

Q2 = m 
 C_{air}  ΔT
     = 0,5 . 1 . 15
     = 7,5

Q3 = m x L
     = 0,5 x 80
     = 40

Q total = Q1 + Q2 + Q3 
          = 5 + 7,5 + 40
          = 52,5 kkal