Jawabanmu

2014-05-19T17:17:34+07:00
Kesultanan Mataram adalah kerajaan Islam di Pulau Jawa yang pernah berdiri pada abad ke-17. Kerajaan ini dipimpin suatu dinasti keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanahan, yang mengklaim sebagai suatu cabang ningrat keturunan penguasa Majapahit. Asal-usulnya adalah suatu Kadipaten di bawah Kesultanan Pajang, berpusat di "Bumi Mentaok" yang diberikan kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya. Raja berdaulat pertama adalah Sutawijaya (Panembahan Senapati), putra dari Ki Ageng Pemanahan. 

Benar, Sultan Agung memadukan unsur-unsur islam dengan budaya Hindhu-Jawa. Sebagai contoh di Mataram diselenggarakan perayaan sekaten untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bidang kebudayaan maju pesat seperti seni bangunan, ukir, lukis, dan patung mengalami perkembangan .

1 5 1
2014-05-19T22:14:04+07:00
Kesultanan mataram adalah kerajaan Islam dipulau jawa yg pernah berdiri pada abad ke 17. kerjaan ini dipimpin Oleh suatu dinasti keturunan ki ageng sela Dan king ageng pemanahan, yang mengklaim sebagai suatu cabang ningrat keturunan pajang, berpusat di "bumi mentuak " yang diberikan kepada ki ageng pemanahan sebagai hadiah atas jasanya.

bener, sultan aging menaruh perhatian besar pada kebudayaan mataram, ia memadukan kalender hijiriah yang dipakai di pesisir utara dengan kalender saka yang masih dipakai dipedalaman. hasilnya adalah terciptanya kalender jawa Islam sebagai upaya pemersatuan rakyat mataram. selain itu sultan agung jug a dikenal sebagai penulis naskah berbau mistik, berjudul " Sastra Gending "