Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-19T11:20:25+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Masa praaksara

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan
Kehidupan manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan, dari sejak Pithecanthropus sampai dengan Homo sapiens dari Wajak sangat bergantung pada kondisi alam. Mereka tinggal di padang rumput dengan semak belukar yang letaknya berdekatan dengan sungai

Masa Bercocok Tanam
Masa bercocok tanam adalah masa ketika manusia mulai memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara memanfaatkan hutan belukar untuk dijadikan ladang.
Manusia Praaksara yang hidup pada masa bercocok tanam adalah Homo sapiens, baik itu ras Mongoloid maupun ras Austromelanesoid.


Masa Perundagian
Masa perundagian merupakan masa akhir Prasejarah di Indonesia.

Dampaknya :
Positif  
- gotong royong
- untuk melanjutkan roda kehidupan
- unutk melatih diri
Negatif  
- kurangnya peralatan
- keamanan tidak terjamin,
- kurangnya informasi



Masa hindhu dan buddha

⇒Sebelum masuknya kebudayaan Hindu-Buddha, masyarakat telah memiliki kebudayaan yang cukup maju. Unsur-unsur kebudayaan asli Indonesia telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia yang sebelumnya memiliki kebudayaan asli tidak begitu saja menerima budaya-budaya baru tersebut. Proses masuknya pengaruh budaya Indonesia terjadi karena adanya hubungan dagang antara Indonesia dan India. Kebudayaan yang datang dari India mengalami proses penyesuaian dengan kebudayaan asli Indonesia.

Dampaknya :
- Tersebarnya agama hindu-buddha, 
- Tersebar tulisan atau bahasa, 
- Tersebutnya dewa dewa suci
- Adanya perdagangan internasional
- Peniruan kebudayaan indonesia

Masa islam


Bidang Politik
Sebelum Islam masuk Indonesia, sudah berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu-Buddha. Tetapi, setelah masuknya Islam, kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha mengalami keruntuhan dan digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam, seperti Samudra Pasai, Demak, Malaka, dan lainnya.

Bidang sosial
Kebudayaan Islam tidak menerapkan aturan kasta seperti kebudayaan Hindu. Pengaruh Islam yang berkembang pesat membuat mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Hal ini menyebabkan aturan kasta mulai pudar di masyarakat.

Bidang pendidikan
Pendidikan Islam berkembang di pesantren-pesanten Islam. Sebenarnya, pesantren telah berkembang sebelum Islam masuk ke Indonesia. Pesantren saat itu menjadi tempat pendidikan dan pengajaran agama Hindu. Setelah Islam masuk, mata pelajaran dan proses pendidikan pesantren berubah menjadi pendidikan Islam.


Bidang sastra dan bahasa
Persebaran bahasa Arab lebih cepat daripada persebaran bahasa Sanskerta karena dalam Islam tak ada pengkastaan. Semua orang dari raja hingga rakyat jelata dapat mempelajari bahasa Arab. Pada mulanya, memang hanya kaum bangsawan yang pandai menulis dan membaca huruf dan bahasa Arab. Namun selanjutnya, rakyat kecil pun mampu membaca huruf Arab.

Bidang seni dan budaya 
Adat istiadat dan seni peradaban islama masa itu adanya budaya salam apabila bertemu sesama umat islam
Dalam bidang seni hampir semua masjid di dunia meniru gaya arsitektur masjid di timur tengah

Dampaknya :
  Politik :
- Banyaknya kerajaan kerajaan yang menggunakan sistem pemerintahan islam
  Sosial :
- Aturan kasta mulai pudar di masyarakat
  Pendidikan :
- Berkembangnya pendidikan
  Sastra dan bahasa :
- Tersebarnya bahasa arab
  Seni dan budaya :
- Adanya budaya salam
13 4 13
2014-05-19T11:21:07+07:00
Kegiatan ekonomi saat peradaban islam, contohnya saat dinasti bani umayyah dan abbasiyah, sudah ada perdagangan dan pabrik industri sabun, keramik, dll. dan ada keramik terkenal pada masa itu yang bernama enamel glass

kalau masa praaksara ada kegiatan bercocok tanam, berburu dan meramu, dan masa perundagian.
masa hindu dan budha sebenarnya hampir sama adanya perdagangan.

dampaknya, meningkatkan ekonomi bangsa tsb. , menjalin hubungan dengan kelompok lain, dan menjadi acuan di masa sekarang,.

maaf kalau salah yaa,,
2 1 2